Tuesday, 3 January 2017

Wisata Alam Buper IPUKAN Kuningan


안녕하십니까 ( Annyeong hasimnika ) ^_^, kali ini saya mau bercerita tentang jalan-jalan saya ke salah satu objek wisata yang sedang ramai di Kota Kuningan, Kuningan adalah sebuah kota yang berdekatan dengan Cirebon dan Ciamis,  di kota ini terdapat banyak sekali tempat wisata baru maupun sudah lama yang tentunya wajib di kunjungi oleh para traveller, selain itu jarak antara tempat wisata satu dan yang lainnya tidak berjauhan, sehingga traveller bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus dalam satu waktu. Kali ini yang akan saya bahas adalah sebuah tempat Wisata Alam IPUKAN atau bisa juga di sebut Bumi Perkemahan IPUKAN. Lihat Juga




 Bumi Perkemahan (Buper) Ipukan ini terletak di kawasan TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai), sudah pada tau dong sama gunung ini, buat yang belum tau bisa langsung tanya mbah google aja ya hehe, terletak di  Dusun Palutungan Desa Cisantana Kec. Cigugur Kab. Kuningan, Jabar, Buper Ipukan terletak di kaki gunung Ciremai Kuningan ketinggian 1200 – 1400 mdpl dengan luas sekitar 2 Ha. Tempat wisata ini sangat cocok sekali untuk tempat berlibur baik itu keluarga atau rombongan, karena tempat ini menawarkan pesona alam khas pegunungan yang asri, sejuk, dan indah di pandang mataselain itu tempat ini juga sangat cocok untuk aktivitas alam seperti berkemah makanya namanya banyak di bilang BUPER IPUKAN atau (Bumi Perkemahan Ipukan, maka jangan heran ketika teman-teman sampai di tempat ini anda akan di perlihatkan tenda-tenda yang dibangun di dalam kawasan ini.



Buat teman-teman yang hanya ingin berkunjung atau piknik keluarga saja, tempat ini sangat cocok sekali dan kebetulan niat awal penulis datang kemari juga hanya sekedar piknik alias makan-makan bersama  keluarga, untuk tiketnya sendiri di bandrol Rp. 15.000 per orang, sangat murah bukan, buat teman-teman yang tidak membawa bekal dari rumah jangan takut kelaparan ya, karena di tempat ini juga tersedia banyak warung-warung yang menyediakan makanan atau jajanan.





Selain itu, di tempat wisata ini terdapat beberapa curug yang bisa di kunjungi, hanya tinggal berjalan kaki saja ke bawah saja dari tempat perkemahan/parkiran, yaitu ada curug cisurian yang mana curug ini letaknya di atas, anda akan melewati sungai kecil dan berjalan sedikit ke atas, dan untuk curug payung sendiri jaraknya tidak jauh dari curug cisurian hanya tinggal berjalan kaki ke bawah, walaupun jaraknya tidak jauh, tapi untuk bisa sampai ke curug payung harus lebih hati hati karena medan atau aksesnya sedikit berbahaya, di sarankan untuk anak kecil tidak usah turun, pengalaman saya sebelum turun nanti akan ada petugas yang berjaga, dan dikenakan lagi tiket Rp. 2500 per orang, mungkin karena aksesnya serem kali ya, but whateverlah. Buat yang hobi selfi atau photo anda akan sangat di manjakan dengan spot-spot photo yang kekinian banget, di jamin ga rugi deh pokoknya, sayangnya pada saat itu kamera saya ketinggalan, jadi saya hanya bisa mengabadikan jalan-jalan ini menggunakan kamera ala kadar dengan kekuatan hengpong jadul lalu cekrek-cekrek upload hehe (lambe turah keles).





Buat teman-teman traveler yang berencana berlibur ke tempat ini, temen-temen bisa naik elf atau bus 3/4 dari terminal Harjamukti Kota Cirebon, atau cari kendaraan umum jurusan Cirebon- Kuningan lalu turun di Cigugur kemudian lanjut angkot jurusan Palutungan atau kalau traveller ga mau ribet naik angkot, alternatif lainnya bisa menggunakan ojek dan minta di turunkan sekitar lokasi Wisata Alam Buper Ipukan. Baiklah sekian dulu cerita jalan-jalan kita, sampai jumpa di wisata selanjutnya ^_^.






 Baca Juga


6 komentar:

Johanes Anggoro said...

wah bisa jadi referensi nih kalo cirebon mampir kesini bentar :D

Wahyu Widyaningrum said...

Menarik sekali. Mau banget mampir sana kalo pas ada kegiatan di sana. Air terjunnya hemm... suager ya Mbak :

hikarisoemarda said...

Mas Johannes: Iya monggo mampir mas, biar tau kampung saya ^_^
Mba Wahyu: iya mba ayoo mampir, sekalian ke tempat saya juga deket ^_^

Juliardi Ahmad said...

Bagua banget tempatnya. Saya suka banget main di curug. Aaah seru.

hikarisoemarda said...

mari berkunjung ke sini ^_^

Mohammad Slamet Putra Losari said...

di situ ada air terjun ataupun sungaiya ngga mba hikarisoemarda

Post a Comment

 
Copyright © 2010 hikarisoemarda | Design : Noyod.Com