Thursday 21 May 2015

14 PANTAI CANTIK DI ACEH



        Aceh adalah sebuah Provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatra.  Aceh memiliki otonomi yang diatur tersendiri, berbeda dengan provinsi lain di Indonesia, karena alasan sejarah. Di sebelah utara, Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala, Samudra Hindia di sebelah barat, Sumatra Utara di sebelah tenggara dan juga selatan, kemudian Selat Malaka di sebelah timur, tidak dipungkiri jika Aceh dianugerahi dengan pantai-pantai yang indah dan cantik. Berikut diantaranya pantai-pantai cantik di aceh yang harus di kunjungi.

1. Pantai Iboih
cr: wisata.kompasiana.com

Pantai Iboih atau yang sering disebut dengan Teupin Layeu merupakan pantai paling barat di Indonesia. Letak pantai ini berada di tepi barat Pulau Weh, Propinsi Banda Aceh.
Pantai Iboih menawarkan keindahan bawah laut yang dapat anda nikmati tanpa harus berenang sekalipun. Di sini anda bisa snorkeling dan diving.  Dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh kita bisa menggunakan kapal feri untuk menuju Pelabuhan Balohan, Sabang. Sesampainya di Pelabuhan Balohan, perjalanan dilanjutkan menggunakan kendaraan sewa atau kendaraan umum menuju Pantai Iboih dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

2. Pantai Lanaga
cr : ngador.com

Pantai Lanaga merupakan salah satu pantai terindah di Aceh Barat, pantai ini berada di Desa Peunaga  Kabupaten Aceh Barat. Untuk menuju pantai lanaga jaraknya cukup dekat, hanya berjarak 5 km dari pusat Kota Meulaboh.  Di tempat ini sering diadakan acara yang unik dan menarik serta Keindahan akan panoramanya membuat kawasan ini sering dikunjungi wisatawan.

3. Pantai Lhok Bubon
cr : duaribuan.wordpress.com

Pantai Lhok Bubon adalah Pantai yang berada di desa Bubon. Jarak pantai ini sekitar 8 km dari pusat kota Meulaboh. Selain keindahannya, Pantai Lhok Bubon ini juga terkenal dengan  makanan lautnya, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya yang ingin menikmati segarnya makanan laut sekaligus menikmati alam pantainya.

4. Pantai Batee Puteh
http://bloqwist.blogspot.com

Pantai Batee Puteh  jaraknya hanya 3 km dari Pusat Kota Meulaboh.  Pantai Batee Puteh juga merupakan pantai yang mempunyai pasir putih yang cantik dan air laut yang jernih. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga,  Untuk menuju ke lokasi, pengunjung hanya perlu menyusuri jalan menuju ke arah pantai di bagian selatan Gampong Lhok Aman.

5. Pantai Suak Ribee
cr : www.indonesia.go.id

Pantai suak Ribee berada di kecamatan Pahlawan, Meulaboh, Pantai ini sangat cocok untuk para penikmat sunset, Selain keindahanya ada keunikan lain yang sering membuat masyarakat terkesan saat berkunjung ke pantai ini, yaitu Kopi tubruknya , kopi yang gelasnya terbalik dan beralaskan piring yang diminum dengan menggunakan sebuah sedotan, kopi ini juga disertakan bubuk kopi khas aceh yang di aduk langsung dalam secangkir  gelas kopi tersebut.

6. Pantai Cemara Indah
cr : nusapedia.com

Pantai Cemara Indah terletak di Desa Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.  Pantai Cemara Indah Selain pasir pantainya putih yang indah, disini juga tersedia TamanRekreasi, yang merupakan salah satu objek wisata rekreasi keluarga.

7. Pantai Pusong Sangkalan
cr : travelmatekamu.com

Pantai Pusong Sangkalan berjarak 3 Km dari Kota Blangpidie Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat Daya, Pantai Pusong Sangkalan berhadapan dengan Samudera Hindia masih sangat asri dan bersih, pasirnya yang bersih dan agak kasar. Untuk mencapai pulau tersebut saat ini tidak ada angkutan khusus kesana, anda bisa menumpang perahu atau menyewa satu perahu motor sekitar Rp 300.000 /hari.

8. Pantai Lampuuk
cr: acehplanet.com

Pantai Lampuuk ini memiliki pasir putih yang lembut dan tebing karang yang ada di ujung pantai, dan garis pantai sepanjang 5 km dari arah selatan ke utara, Terdapat banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini, seperti bermain selancar, berenang, bermain banana boat, dan berjemur. Aktivitas lain yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai ini adalah mengunjungi konservasi penyu. Terletak di Babah Dua,

9. Pantai Lhoknga
cr : sumur-putih.com

Lokasi Pantai Lhoknga tak jauh dari Pantai Lampuuk, berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga lebih dikenal dengan lapangan Golf dan aktivitas Surfing. Khusus untuk selancar, anda bisa mencoba berselancar di lautnya. karena Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dengan ketinggian 1,5 - 2 meter.

10. Pantai Gapang
cr: www.wisataceh.com

Pantai ini terletak di Sabang, jarak dari kota Sabang ke Pantai Gapang adalah sekitar 17 Km. Jika anda berkunjung ke tugu nol kilometer maka anda akan melewati pantai ini. Menyelam dan snorkeling selalu menjadi kegiatan yang paling utama ditawarkan di Pantai Gapang.

11. Pantai Sumur Tiga
cr: disbudpar.acehprov.go.id

Pantai ini mudah dijangkau, hanya 10 menit dari pusat Kota Sabang dan 20 menit dari Pelabuhan Balohan, Sabang. Pantai ini berada di kawasan Ie Meule, Kecamatan Sukajaya, Sabang.  Wisatawan bisa menggunakan becak motor untuk ke sana.. Pantai ini memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya oleh karena itu dinamakan pantai sumur tiga.

12. Pantai Anoi Itam
cr: hijrahheiji.blogspot.com

Pantai anoi itam ini berada di desa Anoi itam, kota Sabang, di pulau Weh. Pantai ini hanya berjarak sekitar 13 Kilometer dari pusat kota Sabang. Dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan. Untuk menuju ke pantai anoi itam ini, pengunjung sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.  Meskipun berpasir hitam tetapi air lautnya juga jernih.

13. Pantai Ujung Batee
cr: daedi.com

Pantai ini berada di tengah rute dari Banda Aceh menuju Pelabuhan Malahayati. Berjarak kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Banda Aceh, pantai ini dapat dijangkau dalam waktu 20 menit perjalanan. Di Pantai Ujung Batee  anda bisa melihat matahari terbit yang sangat indah. Anda bisa bersantai maupun berjalan-jalan di Pantai ini. 

14. Pantai Tapak Gajah
cr: jalan2.com

 Tapak Gajah adalah sebuah nama lokasi yang berada di Kota Sabang, Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota disini anda bisa melihat deretan batu karang yang indah. Pasir putih dan ombak yang tenang membuat anda bisa berenang disini sambil menikmati keindahannya. 


6 komentar:

Unknown said...

Temukan berbagai macam informasi wisata yang ada di Indonesia beserta makna/arti/cerita tentang wisata tersebut yang ada di indonesia
Dan juga artikel-artikel tentang wisata di wisataIndonesiaraya.com dan like page facebook wisataIndonesiaraya.com

hikarisoemarda said...

Terima Kasih sudah berkunjung

Haeriah Syamsuddin said...

cantik-cantik ya pantainya. Entah kapan bisa ke Aceh padahal dari dulu pengen ke sana,......

hikarisoemarda said...

iya memang cantik cantik pantainya, semoga bisa ke sana ya mba

MbakDina.com said...

saya di aceh tapi baru je lampuuk, lhok nga dan ulee lhe aja, tapi memang bagusss banget viewnya, apalagi yg d lampuuk.. pingin banget bisa k sabang, hehe..

hikarisoemarda said...

iya mba, aceh keren-keren pantainya, enak banget mba deket situ ^_^

Post a Comment

 
Copyright © 2010 hikarisoemarda | Design : Noyod.Com